Wednesday 10 April 2013

NUFI BASKETBALL CUP


SYARAT PENDAFTARAN:
1.      Membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 350.000,-
2.      Peserta harus berasal dari sekolah yang akan mengikuti turnamen.
3.      Memberikan surat pernyataan bahwa peserta adalah siswa sekolah yang akan mengikuti turnamen.
4.      Memberikan surat pernyataan sekolah mengijinkan tim basketnya untuk mengikuti turnamen.
5.      Satu tim terdiri atas 12 pemain, satu pelatih, dan dua official.
6.      Menyerahkan pas foto 3x4 2 lembar (terbaru).
7.      Menyerahkan fotokopi kartu pelajar 2 lembar.
8.      Menyerahkan fotokopi lisensi pelatih minimal lisensi c.


KETENTUAN DAN PERATURAN PERTANDINGAN:
NUFI BASKETBALL CUP diselenggarakan pada tanggal 8 dan 10 – 13 Mei 2013  bertempat di GOR Kartika Cilodong
I.                   KETENTUAN PESERTA
1.      Mengisi formulir dan surat pernyataan serta menyerahkan ke panitia NUFI BASKETBALL CUP
2.      Peserta NUFI BASKETBALL CUP
-          12 tim SMA Putra
-          12 tim SMA Putri
3.      Seluruh peserta undangan terbatas
-          Seluruh peserta wajib mengisi biodata pemain lengkap dengan foto (terbaru)
-          Seluruh peserta wajib mengikuti aturan dan tata tertib NUFI BASKETBALL CUP
4.      Peserta diwajibkan memakai kostum yang bernomor 0-99 dan wajib menyediakan 2 warna kostum yang berbeda (terang-gelap) yang akan dipakai secara bergantian sesuai dengan ketentuan panitia selama pertandingan.
5.      Peserta menyediakan sendiri bola basket untuk pemanasan.
6.      Peserta yang bertanding wajib tiba di tempat pertandingan 1 jam sebelum pertandingan dan melaporkan nama-nama pemain ke meja panitia.
7.      Peserta yang tidak hadir saat technical meeting dianggap menerima seluruh hasil undian dan kesepakatan pada saat technical meeting.
8.      Seluruh official dan pemain wajib memperlihatkan ID card pada saat memasuki tempat pertandingan (harus berfoto dan disyahkan oleh panitia).
9.      ID card tidak berlaku apabila timnya gugur.
10.  Daftar nama-nama pemain wajib diserahkan paling lambat saat technical meeting.

II.                SISTEM PERTANDINGAN
Sistem pertandingan yang digunakan adalah sistem  kompetisi

III.             WAKTU PERTANDINGAN
1.      Babak penyisihan        : 4 x 10 menit (kotor) ; Q4, 2 menit terakhir bersih
2.      Semi final dan final     : 4 x 10 menit (semi bersih) ; Q4, 2 menit terakhir bersih


IV.             PROTES
Membayar uang protes sebesar Rp. 1.000.000 dan membuat surat protes paling lambat 30 menit setelah pertandingan berakhir.


V.                OFFICIAL TEAM
-          manager dan pelatih diwajibkan memakai pakaian berkerah, bersepatu.
-          Pemain dan official wajib duduk di kursi yang telah disediakan (BENCH)


VI.             SANKSI-SANKSI
1.      Walk Over (WO) dinyatakan apabila peserta yang datang terlambat selama 10 menit dari jadwal yang telah ditentukan dengan ditandai oleh:
a.       Panggilan I pada 3 menit pertama
b.      Panggilan II pada 3 menit kedua, dan
c.       Panggilan III pada 4 menit berikutnya

2.      Pemain yang sengaja memancing keributan / melakukan tindak kekerasan saat pertandingan dikenakan rejected.

3.      Apabila pemain terlibat tindakan kekerasan maka pemain tersebut tidak diperkenankan bermain selama turnamen berlangsung dan dikenakan denda sebesar Rp. 250.000,- (Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) dibebankan pada tim / sekolah yang bersangkutan.

4.      Suporter tim yang mengacaukan jalannya kegiatan, maka tim bersangkutan didiskualifikasi dari kegiatan tersebut dan akan menjadi catatan panitia.

5.      Suporter tim yang melampar benda – benda ke lapangan pada saat bermain, tim yang bersangkutan akan dikenakan technical foult.



VII.          PANITIA PERTANDINGAN
1.      Wasit.
-          Wasit yang memimpin pertandingan adalah wasit perbasi.
-          Panitia Meja adalah yang ditunjuk oleh Panitia Penyelenggara.
2.      Jadwal pertandingan ditentukan oleh Panitia Penyelenggara.
3.      Keputusan wasit dan panitia tidak dapat diganggu gugat.


VIII.       LAIN – LAIN

1.      Jika terjadi gangguan pada saat pertandingan yang disebabkan oleh faktor – faktor teknis dan non teknis maka pertandingan akan ditunda selambat – lambatnya 30 menit. Apabila tidak dapat diatasi kurang dari 30 menit maka pertandingan yang terhenti ditentukan sebagai berikut:
·         Apabila gangguan terjadi pada Q1 maka pertandingan diulang kembali dan score dibatalkan.
·         Apabila gangguan terjadi pada Q2 maka score tetap dan waktu Quarter II selessai.
·         Apabila gangguan terjadi pada Q3 maka pertandingan Q3 diulang kembali dan score tetap.
·         Apabila gangguan terjadi pada Q4 maka dinyatakan selesai dan sah dengan score seduai hasil games.


TATA TERTIB PESERTA:
1.      Sistem pertandingan menggunakan sistem  kompetisi.
2.      Waktu pertandingan dalam babak penyisihan 4 x 10 menit kotor, untuk semifinal dan final waktu pertandingan semi bersih.
3.      Tim diwajibkan hadir 1 jam sebelum pertandingan dimulai dan melakukan daftar ulang, tim yang tidak hadir dan terlambat dari waktu yang sudah ditentukan dan setelah 3 kali panggilan panitia, dianggap WO.
4.      Selama kompetisi berlangsung, tim tidak diperkenankan mengganti pemain dari pemain yang telah terdaftar.
5.      Peserta harus menggunakan kostum sesuai ketentuan yang berlaku (terang - gelap) atau dengan warna yang berbeda dari tim lawan.
6.      Apabila terdapat tim yang mengundurkan diri pada saat pertandingan, maka tim tersebut dikenakan denda sebesar Rp 500.000,- (lima ratus ribu rupiah)
7.      Apabila terdapat tim yang memulai dan melakukan perkelahian, maka tim tersebut dikenakan denda sebesar Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah)
8.      Tim yang memprotes keputusan wasit secara berlebihan akan dikenakan denda sebesar Rp 500.000,- (lima ratus ribu rupiah).
9.      Apabila ada pemaian dan official mendapat 2 kali technical foul, maka secara otomatis dikeluarkan dari lapangan.
11.  Segala keputusan wasit dan panitia tidak dapat diganggu gugat / mutlak.
12.  Peserta pertandingan harus menjunjung tinggi sportivitas dalam bertanding.
13.  Peserta diwajibkan mentaati segala peraturan yang berlaku dengan sebaik – baiknya
14.  Hal – hal yang belum diatur, akan diatur kemudian.

 TEKNIS PERTANDINGAN

Pertandingan diikuti oleh 24 tim (12 tim putra 12 tim putri). Sistem pertandingan menggunakan sistem  kompetisi. Tim yang berpartisipasi akan dibagi menjadi empat group dan akan melawan satu sama lain untuk diambil juara group yang akan masuk ke sistem gugur. Dalam sistem gugur tim yang lolos akan memperebutkan juara satu, dua, dan tiga.

Untuk formulirnya, bisa di download di bawah ini

No comments:

Post a Comment